Amanjiwo
Amanjiwo

Svargabumi Lokasi Harga Tiket & Tempat Makan Terdekat

0 Shares
0
0
0

Tempat wisata yg mengedepankan pemandangan sawah di dekat Candi Borobudur lebih tepatnya Magelang, yang dikenal sebagai SvargaBumi Borobudur, tengah viral saat ini. Apalagi, terdapat kisah seputar petani penggarap yg sanggup menerima profit dari sawah ini, tak hanya dimiliki pemilik wisata sebagai simbiosis mutualisme.

SvargaBumi terletak tidak jauh dengan letak Candi Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tepatnya di Dusun Gopalan & Ngaran, Desa Borobudur. Di lahan seluas tiga hektare ini, pengunjung mampu menikmati spot selfie yg ada berkisar 20 hingga 22 titik spot selfie.

Ketika saya search Svargabumi di Google, benar – benar banyak sekali foto instagramable disini. Ada cerita usaha yg menarik “Ini pada Magelang! Pemilik sawah sangat diuntungkan lantaran sawah 0,1 ha disewa 8 jt/th (1 ha 80 jt/th). Penggarap permanen diperbolehkan menggarap sawahnya dan mendapatkan semua hasil padinya seluruh alias cuma2 (tidak terdapat bagi hasil menggunakan pemilik lahan, krn sdh disewa oleh investor). Buruh tani bisa pekerjaan rutinitas tiap hari atau harian tanggal. Disewa selama 10 th dengan total luas 20 ha. Ini model kasus yg menguntungkan bagi petani dan investor tentunya. OK gak? Siapa pernah kesini?’ tulis Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada akun Instagram-nya ketika mereview dan mengunjungi Svargabumi.

 

Salah satu Owner SvargaBumi Borobudur, Putranto Cahyono, menjelaskan lebih lanjut soal wisata yang beliau kelola beserta petani. Di tanah pertanian seluas tiga hektar ini ada kurang lebih 15 sampai 20 petani penggarap.

“Sistem bagi output dengan petani, sebenarnya mudah saja, jadi sawah permanen kita sewa selama 10 tahun. Kemudian, petani penggarap maupun petani pemilik lahan itu tetap kita kasih kesempatan buat mengelola pada artian beliau bercocok tanam,” katanya waktu ditemui pada lokasi SvargaBumi Borobudur, Senin (31/8/2020).

Untuk bibit padi & pupuk, katanya, bibit disiapkan 100 % berdasarkan SvargaBumi, kemudian pupuk dan pengairan air dibantu. Untuk itu, petani juga penggarap berkewajiban buat bercocok tanam.

“Kalau bibit kita siapkan 100 %. Pupuk sama pengairan kita bantu, akan tetapi mereka itu berkewajiban buat bercocok tanam. Nah, menurut situ hasilnya full kita kembalikan kepada petani. Prinsipnya hanya misalnya itu saja,” pungkasnya.

Baca Juga : Tempat Makan Di Borobudur Untuk Keluarga

Berdasarkan pantauan pada lokasi, di daaerahpersawahan yg disewa tadi seluas tiga hektare. Saat ini, ada padi yg masih menghijau, namun ada juga padi yg telah dipanen. apabila sebelumnya huma ini, merupakan versus persawahan tadah hujan, namun demikian pengelola SvargaBumi mengungkapkan pascapanen akan melakukan beberapa trik. Termasuk disediakan sumur untuk pengairan pada lahan tadi.

Tempat Makan Terdekat Svargabumi

Sayangnya tidak ada restoran di Svargabumi, oleh karena itu saya akan rekomendasikan tempat makan terdekat svargabumi yang bisa menjadi opsi kalian setelah berwisata dan foto – foto di Svargabumi.

  1. Kedai Bukit Rhema
  2. Caktus Cafe
  3. Kampung Ulam
  4. 6 Langit by Plataran
  5. Rumah Makan De’Manake

Jadi itu dia rekomendasi tempat makan di dekat Svargabumi yang bisa menjadi pilihan untuk kalian coba.

Kedai Bukit Rhema

Namanya adalah Kedai Bukit Rhema, beralamat di Karangrejo, Kurahan, Kembanglimus, kec Borobudur, Magelang. Untuk mengunjungi tempat wisata kuliner sendiri juga tidak sulit, karena lokasinya sendiri berada di bagian belakang gedung bukit Rhema atau Gereja Ayam. Sedangkan jika Anda dari candi Borobudur, jaraknya hanya sekitar 15 menit perjalanan.

Seperti diketahui bersama, Bukit Rhema atau Gereja Ayam ini sendiri adalah salah satu tempat ibadah yang lokasinya tidak jauh dari Borobudur. Ini adalah salah satu lokasi wisata yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Bangunan yang digagas oleh Daniel Alamsyah pada tahun 1990an ini sendiri, sebenarnya tidak terlalu mirip ayam, melainkan lebih mirip seperti burung merpati.

Yang perlu Anda ketahui disini, Kedai Bukit Rhema sendiri adalah salah satu cafe yang cukup hits di kawasan Magelang. Tidak hanya cita rasa kulinernya sendiri yang menarik untuk dicicipi, namun juga pemandangan yang ada di sekitar tempat makan keluarga tersebut, yang pastinya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kedai ini sendiri buka mulai dari jam 6 pagi, hingga jam 7 sore.

Baca Lagi : Review Tentang Kedai Bukit Rhema

Hubungi Kedai Bukit Rhema : 085 725 77 9520

Review Google : 4,9 – Review 4125 orang

Cafe Cactus

Untuk Anda yang ingin bersantai dan duduk di café astethic dekat dengan Candi Borobudur maka pilihan bisa Anda jatuhkan pada Café Cactus yang jaraknya hanya 5 menit saja dari pintu utama Candi Borobudur. Setelah lelah berkeliling Candi Borobudur maka Anda bisa bersantai di Café tersebut tanpa harus bepergian terlalu jauh lagi. Café itu sangat menarik dengan konsep modern dan dinding berwarna putih serta hiasan tanaman cactus di setiap sudut ruangan menjadikan café ini tempat yang sangat nyaman. Berlokasi di Jl. Badrawati Ngaran Lor No.17 dan merupakan café yang sangat hits. Bangunan yang digunakan sebagai café ini terdiri dari 2 lantai, pada lantai bawah merupakan tempat memasak, kasir, live music, musholla, tempat duduk pengunjung dan juga ada tempat menjual cactus yang bisa Anda beli sebagai souvenir dari café tersebut.

Anda bisa menikmati makanan ringan hingga makanan yang berat saat berada di kuliner terdekat candi Borobudur yang satu ini. Café ini menjadi tongkrongan favorit wisatawan maupun warga sekitar Candi Borobudur, tempat makan ini juga digandrungi oleh anak muda karena banyak spot yang instagramable di dalam café tersebut. Jangan lupa kunjungi Café Cactus untuk mencicipi makanan enak saat Anda berwisata ke Candi Borobudur.

De’Menake

Tempat makan ketiga yang dekat dengan Candi Borobudur yang bisa Anda kunjungi adalah De’Menake. Tempat makan keluarga yang satu ini juga terkenal karena konsep tradisionalnya yang menggunakan bangunan rumah Joglo sebagai bangunan utama restoran tersebut.De’Menake ini terletak di Komplek Semesta, Area Dusun Sangen, Desa Candirejo di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Cara penyajian di tempat kuliner terdekat candi Borobudur ini adalah prasmanan. Tempat-tempat makanannya juga terbuat dari bahan-bahan tradisional begitu juga dengan tempat memasaknya, seperti misalnya ada beberapa makanan yang disajikan dengan dimasak menggunakan luweng yaitu tempat memasak dengan bahan bakar berupa kayu. Karena dimasak menggunakan kayu maka rasa masakannya juga terasa lebih lezat dan wangi.

Ada banyak makanan enak dan lauk pauk tersedia, untuk snack yang disediakan juga bermacam-macam dan snacknya yang disajikan bisa dinikmati dengan gratis. Menyenangkan sekali bukan?

Kampung Ulam

Tempat makan keluarga yang bernama Kampung Ulam ini wajib sekali Anda kunjungi saat berwisata ke Candi Borobudur. Tempat makan ini sangat unik, estetik dan dipenuhi dengan suasana tradisional yang tentunya akan membuat Anda merasa nyaman di dalamnya. Namun jangan salah, karena temanya yang tradisional bukan berarti tempat makan itu terlihat kuno, Anda justru akan takjub dengan keindahan interior dan eksteriornya yang ditata dengan sangat apik. Ada banyak anak-anak muda yang bercengkrama dan menghabiskan waktu untuk menyantap makanan enak di sana. Begitu Anda sampai di Kampung Ulam ini Anda akan disambut dengan suasana rumah joglo yang asri dengan pekarangan dihiasi kolam ikan dan meja-meja makan outdoor. Di kampung Ulam ini Anda bisa memilih untuk makan di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Untuk menu makanan yang disediakan adalah makanan khas Jawa dan cara penyajiannya adalah prasmanan, sehingga Anda bisa mengambil sendiri makanan yang Anda inginkan. Nasi yang disediakan di Kampung Ulam dibungkus dengan daun pisang dan lauk pauknya disajikan dalam nampah. Biasanya diantara jam 8 pagi hingga 4 sore akan disajikan menu makanan berat terutama yang terbuat dari olahan ikan, kemudian dari jam 4 sore hingga jam 11 malam hidangannya adalah menu khas angkringan. Untuk soal harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 3000 sampai Rp 100.000. Pastinya Anda akan bisa mendapatkan banyak makanan enak ketika menghabiskan waktu di tempat makan tersebut. Maka dari itu Kampung Ulam menjadi salah satu tempat kuliner terdekat candi Borobudur yang direkomendasikan. Saat Anda berada di Kampung Ulam maka Anda juga bisa menikmati pemandangan Perbukitan Menoreh dan pegunungan Sumbing.

6 Langit

6 Langit By Plataran Borobudur adalah adalah tempat makan keluarga selanjutnya yang bisa Anda kunjungi selepas Anda dari Candi Borobudur. Tempat ini sangat menarik dengan pesona pemandangan 6 gunung yang bisa Anda lihat dari ketinggian, 6 gunung yang bisa Anda lihat adalah Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo, Prau dan Sumbing. Karena sajian pemandangan pegunungannya itu maka Anda bisa mendapatkan panorama yang sangat indah terutama saat sunrise dan sunset. Anda bisa memilih tempat duduk yang berada di dalam ruangan atau di luar ruangan. 6 Langit dibuat dengan tema rumah joglo yang sangat luas sehingga di dalamnya Anda tidak hanya bisa makan dengan keluarga saja, namun bahkan juga bisa mengadakan corporate gathering atau bahkan acara syukuran pernikahan di dalamnya. Namun karena adanya pandemic saat ini pengunjung yang diperbolehkan datang dibatasi, sebenarnya 6 Langit bisa menampung sampai 150 orang, selama pandemic jumlahnya dibatasi hanya sekitar 50 orang saja.

Untuk tempat makan yang ada di bagian luar, Anda bisa duduk di tepian restoran yang langsung menghadap pemandangan 6 gunung tersebut. Dengan pemandangannya yang indah ditambah makanan enak yang disajikan pastinya akan membuat selera makan Anda menjadi meningkat. Restoran yang merupakan salah satu kuliner terdekat candi Borobudur ini sudah sangat populer dan bahkan sering dikunjungi oleh artis atau publik figure. Untuk menu makanan yang tersedia Anda bisa memilih antara menu makanan Jawa, Asia, atau Western.

0 Shares
3 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like