Amanjiwo
Amanjiwo

6 Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur Wajib Dikunjungi

0 Shares
0
0
0

Jika pergi ke Magelang hanya untuk kunjungi Borobudur, tentu rasanya kurang mantap. Bagi Anda yang tertarik kunjungi banyak tempat menarik lain di sekitar tempat ini, mari bahas 6 rekomendasi tempat wisata borobudur yang tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah bahasannya!

Bukit Rhema dan Gereja Ayam

Lokasi yang satu ini masih jarang dibahas sebagai tempat berlibur. Walaupun sudah ada di dekat Borobudur sejak lama, penggunaanya sebagai tempat berlibur masih tergolong baru. Jadi Anda bisa pastikan tempat ini umumnya selalu sepi.

Bukit Rhema terletak di Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jaraknya dari Borobudur hanya sekitar 15 menit pakai kendaraan. Wisata dekat Borobudur ini wajib dikunjungi jika ingin lihat perspektif pemandangan Candi dari tempat tinggi.

Disini ada Gereja Ayam. Tempat ini adalah bangunan Gereja yang berbentuk unik ini memang disengaja. Awalnya bangunan ingin dibentuk seperti burung merpati putih dengan mahkota. Tapi saat jadi, bentuknya lebih mendekati ayam. Anda bisa masuk dan naik ke area kepala dan melihat pemandangan lebih puas dari sini.

Rekomendasi : Tempat Makan Sekitar Borobudur

Jika berkunjung saat sunrise, Anda bisa melihat pemandangan pagi di mana kabut masih menyelimuti area Borobudur. Pemandangan ini membuat Candi Borobudur seperti diselimuti awan. Untuk para fotografer dan pecinta pemandangan unik, pastikan coba datang ke sini pagi – pagi.

Untuk masuk area tamasya ini, Anda hanya perlu bayar sekitar 10 ribu Rupiah saja. Jika datang dengan kendaraan siap – siap bayar parkir 2 ribu. Pastikan datang ke sini saat musim kemarau. Jika musim hujan, area ini sering basah dan lembab area jalannya. Lebih nyaman jika tidak berurusan dengan hujan saat ingin lihat pemandangan.

Pemandian Air Panas Candi Umbul

Tempat wisata Magelang yang dekat Borobudur dan beri nuansa unik adalah Candi Umbul. Tempat ini merupakan pemandian kecil yang memiliki air panas dari sumber alami. Karena kolam panas ini, banyak pendatang ingin berendam sambil menikmati pemandangan candi tua di sini.

Kolam pemandian ini memiliki kisah unik. Awalnya pemandian ini berupa kolam alami dengan sumber mata air yang berlimpah. Tapi setelah gempa, sumber air berubah menjadi air panas. Akhirnya dibangunlah candi khusus di lokasi ini. Hanya para bangsawan saja yang boleh memasuki area candi setelah dibangun.

Rekomendasi : Sunrise di Borobudur

Saat Borobudur di kubur di era Kerajaan Islam, area pemandian ini juga dihilangkan jejaknya. Untungnya setelah perang, Candi ini dipandang sebagai tempat bersejarah dan dirombak menjadi bagus. Bagian kolam dan area sekitar candi di percantik. Sampai sekarang tampilannya masih bagus dan tidak memiliki banyak cacat.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, lokasi ini buka pada pukul 06.00 sampai 17.30 WIB. Lokasinya terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Anda cukup bayar sekitar 5 ribu Rupiah per orang untuk menikmati tempat ini. Jika di musim hujan, biasanya pemandian sering ditutup, jadi jangan kaget jika saat datang tempat tidak buka. Lebih aman jika datang saat musim kemarau dibandingkan saat musim hujan.

Rafting Sungai Elo

Tempat wisata dekat Borobudur lain yang tidak kalah seru adalah area rafting Sungai Elo. Tempat ini sengaja dibuat oleh pemerintah local dengan memodifikasi aliran air Sungai Elo. Di spot rafting susunan batu alam dibuat sedemikian rupa agar memberi tantangan tapi tetap aman. Menggunakan debit air sungai yang selalu tinggi dan deras, keseruan rafting pasti terasa mantap di sini.

Area rafting ini memiliki panjang pengarungan sekitar 12 kilometer. Pengarungan ini nantinya dibagi tiga sesuai dengan tingkat kesulitannya. Jadi, untuk para pemula yang ingin coba rafting, Anda bisa belajar dulu dengan rute yang mudah. Anda bahkan mendapatkan instruktur sebagai pendamping.

Rekomendasi : Tempat Makan Svargabumi

Untuk Anda yang cari tantangan, pastikan datang saat musim hujan. Di musim ini, debit air Sungai Elo besar dan lebih deras. Tingkat kesulitan rute bisa berkali – kali lebih menantang. Terkadang jika debit air terlalu tinggi, rute tersulit tidak boleh dipakai karena resiko kecelakaan yang tinggi. Tapi bagi para rafter profesional yang ingin coba, perizinan khusus bisa dibuat untuk hal ini.

Jika Anda tertarik datang ke sini, siapkan dulu kocek sebesar 750 ribu Rupiah. Anda bisa sewa ataupun bawa sendiri alat perlengkapannya. Untuk para pemula, ada kelas khusus untuk belajar rafting di sini. Lokasi tempat ini tepatnya ada di Jalan Balaputradewa No.1, Dusun 1, Wanurejo Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Ketep Pass

Pilihan lokasi wisata yang dekat dengan Borobudur berikutnya adalah Ketep Pass. Tempat ini menawarkan pemandangan asri dan lokasi dengan rute hiking yang mengundang. Baik anak – anak dan tua bisa nikmati lokasi ini jika ingin berpetualang nikmati keindahan alam.

Ketep Pass berlokasi di Bukit Sawangan Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Di sini Anda bisa nikmati pemandangan, tapi juga beberapa fasilitas tambahan yang dikembangkan pemerintah local. Berikut adalah beberapa fasilitas tersebut:

  • Ketep Volcano Theater
  • Museum Ketep
  • Area Pantau Merapi dan Merbabu

Menggunakan fasilitas ini, Anda harus bayar lebih. Umumnya biaya tambahan hanya sekitar 10 ribuan Rupiah saja. Bagi yang ingin keliling area Ketep Pass, Anda hanya perlu tiket masuk saja yaitu 7,5 ribu Rupiah per orang. Jalan – jalan di area ini tanpa dibatasi waktu bisa jadi pengalaman berlibur yang enak.

Rekomendasi : Cafe di Borobudur

Pemandangan sekitar yang asri, tempat yang sejuk serta ada banyak fasilitas hiburan membuat petualangan di sini tidak boleh dilewatkan. Pastikan setelah puas di Borobudur, Anda kunjungi Ketep Pass.

Mangli Sky View

Wisata alam yang special lain bisa dinikmati di Mangli Sky View. Lokasi ini menjadi populer untuk fotografi yang ingin rekam keindahan Gunung Sumbing saat sunrise dan sunset. Pusat daya tarik tempat ini adalah platform pengamat yang berada di tempat tinggi. Menggunakan platform ini, Anda akan melihat hamparan pemandangan indah di sekitar area liburan ini.

Selain sebagai tempat foto – foto dan lihat pemandangan indah, Anda bisa coba menginap di sini. Fasilitas cottage, gubuk dan lahan perkemahan tersedia di sini. Jadi Anda yang ingin merasakan berpetualang dan lebih dekat dengan alam, silahkan menginap di sini!

Untuk Anda yang tidak mau repot, banyak persewaan tersedia di Mangli Sky View. Tempat wisata pemandangan alam ini memperbolehkan Anda pinjam tenda, sleeping bag, matras, nesting, kompor dan tabung gas. Anda bisa gunakan layanan ini untuk bakaran dan masak outdoor yang seru!

Svargabumi

Untuk wisata selanjutnya bisa check rekomendasi Ganjar Pranowo ketika berkunjung ke Svargabumi.

Bagaimana menurut Anda tentang pilihan tempat berlibur di atas? Setiap tempat memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari tempat untuk berpetualang, tempat untuk nikmati alam sampai tempat bersejarah bisa menjadi daya tarik tersendiri. Jika ingin lebih mantap setelah berkunjung ke Borobudur, pastikan coba tempat wisata di atas!

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like